Minggu, 29 Oktober 2017

VACUUM PUMP FARMASI

Pengertian secara umum Vacuum Pump adalah sebuah alat untuk mengeluarkan molekul-molekul gas dari dalam ruangan tertutup (kedap) untuk mencapai tekanan kondisi vakum. Vacuum Pump banyak sekali digunakan di industri-insudtri farmasi, makan, minuman dan lainnya sebagai komponen penting dalam pengoperasian sebuah alat yang membutuhkan pompa vakum.

Foto diatas meruapakan serangkaian pompa sirkulasi untuk sebuah produk liquid yang diaplikasikan pada pengolahan obat farmasi sebagai penampungan pertama dengan proses sirkulasi yang kemudian akan ditransfer ke beberapa tanki mixing dan tanki heating. Pompa ini difungsikan sebagai pompa transfer ke beberapa tanki daru satu sumber. Serangkaian pompa sirkulasi ini terbuat dari material SS316l untuk yang kontak dengan produk danmaterial SS304 untuk yang tidak bersentuhan langsung dengan produk.

Berdasarkan prinsip kerja pompa vakum diklaisfikasikan menjadi 3 diantaranya :
  1. Positive Displacement : yaitu difungsikan secara mekanis untuk mengekspansi sebuah volume terus menerus, mengalirkan gas melalui pompa vakum, mensealing ruang volume sistem dan membuang gas ke atmosfer.
  2. Momentum transfer : yaitu menggunakan system jet fluidan atau cairan kecepatan tinggi, atau menggunakan sudu putar dengan keceptan tinggi untuk menghisap gas dari sebuah ruangan tertutup/kedap.
  3. Entrapment : yaitu menggunakan suatu zat padat atau zat adsirber tertentu untuk mengikat gas didalam ruangan tertutup/kedap.
Contoh pompa vakum yang termasuk ke dalam type positive displacement 

- Rotary vane pump (yang paling banyak digunakan)
- Pompa diafragma
- Liquid ring pump
- Piston pump
- Scrol pimp
- Screw pump
- wankel pump
- External vane pump
- Roots blower
- Multistage
- Roots pump
- Toepler pump
- Lube pump

Contoh pompa vakum yang termasuk ke dalam type momentum transfer 

- Pompa Difusi
- Pompa turbomolecular
Pompa vacum dengan metode ini dapat menghasilkan tekanan vackum tinggi. Metodenya adalah dengan jalan mengakselerasi molekul gas dari sisi tekanan rendah ke tekanan tinggi. Sesuai dengan hukum dinamika fluida, molekul fluidan yang berada pada tenakan atmosfer akan saling mendorong dengan molekul fluida lainya yang berdekatan dan menciptakan aliran fluida. Namun pada saat jarak molekul fluida sangat jauh, maka molekul tersebut lebih cenderung berinteraksi dengan dinding ruangnya dari pada dengan molekul sesamanya. Fenomena inilah yang menjadi dasar penggunaan pompa vakum momentum transfer. Yang mana semakin vakum tekanan didalam ruangan, maka akan semakin tinggi efisiensi pompa tersebut.

Contoh pompa vakum yangtermasuk kedalam type Entrapment Vacuum
- Cryopump
- Dosing pump
- Pompa Ionisasi

Pompa jenis ini menggunakan metode-metode kimi ataupun fisik untuk mengikat fluida (gas) dengan tujuan menghasilkan tekanan vacuum. 
( sumber : artikel teknologi )