Jumat, 06 Oktober 2017

MESIN | ALAT KRISTALISATOR

Kali ini saya akan membahas tentang seputar mesin atau alat kristalistaor yang pada bulan lalu pekerjaanya sudah kami bereskan dan kami kirim ke sebuah perusahaan ternama yang ada di serpong sebagai alat penelitian baru. Alat ini meupakan kelanjutan dari artikel yang sudah dibahas dengan nama artikel set column pemurnian. Mesin farmasi memiliki perkembangan yang sangat pesat, maka dari itu saya sedikit shearing untuk membahas sebagian kecilnya sebagai ilmu tambahan.

Mesin atau alat kristalisator merupakan sebuah alat teknik pemisah padat cair yang sangat penting dalam industri extrak, karena dapat menghasilkan prosuk hingga 100 %. Mesin atau alat kristalisator berfungsi untuk proses mengkristalkan pembentukan kristal pada dari suatu larutan induk homogen. Komponen bahan pangan yang terutama berperan membentuk kristal adalah air, gula, alkohol, lemak dan pati. Alat ini dilengkapi blade dengan jenis atau model angkur untuk menyesuaikan terhadap jenis prosuk kristal yang akan di aduk.

Mesin atau alat kristalisator dilengkapi double jacket dengan sumber pemanas steam. Alat ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.

Spesifikasi Alat kristalisator :

  1. Chamber / bowel : (a) Sheel plat menggunakan plat SS316L dengan ketebalan 3mm, (b) Jacketing plat menggunakan SS304 tebal 3mm, (c) Insulating Rock Wool density 20, (d) Cover insulating plat SS304 tebal 1.5mm (e) Tutup plat SS316L tebal 3mm + sight glass
     

     

  2. Kontruksi body / Frame : menggunakan bahan SS304 Hollow 40x80 mm dan Hollow 30x60 mm. dibentuk sesuai dengan dimensi yang telah di tentukan seperti tampak pada foto dibawah ini
     
  3. Motor Mixer : menggunakan type gear motor dengan merk BAUER model BG06-31/D07 LA4 power 0.3kW 220/380V 50Hz Output 42 rpm.
  4.  
  5. Lifter : untuk proses naik turunya tutup dengan blade mixer menggunakan system pneumatik menggunakan langakah atau stroke penumatik yang digunakan 750 mm. mengunakan merk SMC Model DG1KFN50-B2004X-480, max press 1 Mpa.

     
  6. Aksesoris pada tutup : di bagian tutup terdapAt beberapa perlengkapan yang digunakan sebagai koneksi dan juga sebagai inlet, diantaranya : (a) Lampu sorot 25 Watt merk philips, (b) Corong Inlet SS316L + Butterfly valve SS316L size 1 inch, (c) Sight Glass baha dengan kaca tamper, (d) inlet nitrogen connection ferrule 1.5 inch, (e) Connection vacuum ferrule 1 inch.

     
  7. Air Regulator : menggunakan merk Festo 1 - 16 bar

  8. Air Solenoid : menggunakan merk Festo model MFH-S-1/4

  9. Rangkaian Steam Inlet :
    - Pipa Schedule size 1/2 inch
    - Globe Valve size 1/2 inch merk KITZ
    - Strainer size 1/2 inch merk Yoshitake
    - PRV size 1/2 inch merk Yoshitake
    - Pressure Gauge size 6 inch
    - Solenoid Valve size 1/2 inch merk Yoshitake
    - Safety valve size 1/2 inch merk Yosgitake
  10. Rangkaian Stema Outlet :
    - Pipa Schedule size 1/2 inch
    - Globe valve size 1/2 inch merk KITZ
    - Steam trap size 1/2 inch merk Yosgitake 

  11. Roda : menggunakan bahan PU agar tidak merusak pada lantai, apalagi lantainya sudah menggunakan epoksi standar farmasi, maka dari itu bahan roda yang harus digunakan tidak merusak pada lantai salah satunya bahan poly uretahne.

     

  12. Kontrol Panel : berfungsi sebgai control atau pengoperasian alat. Kontrol panel menggunakan system Touch Screen.
    Berikut spesifikasi alat listrik yang  dugunakan untuk kontrol panel. :
    - Inverter : berfungsi untuk mengatur kecepatan motor, menggunakan merk Toshiba
    - MCB 3 Phase Merk Mitsubishi
    - MCB 1 Phase Merk Hager
    - Riley Merk Omron
    - PLC
    - Power Supply
    - LCD Touch Screen model MT607iH5


     

  13. Proses percobaan / uji fungsi alat
     

  14. Menu tampilam control pada LCD Touch Screen
       
Ok gan untuk pembahasan tentang alat kristalisator saya cukupkan sekian jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin di tanyakan silahkan saja berkomentar, jika ingin konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami yang ada di teks slide. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.