Jumat, 09 Juni 2017

DOUBLE CONE MIXER

Sekarang kita akan membahan seputar Mesin Double Cone Mixer dan mengenal bagian dari komponen komponen yang ada didalamnya

Mesin Double Cone Mixer berfungsi sebagai mesin untuk megaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah-rempah dan obat-obatan yang berbentuk serbuk/tepung  (powder) atau granuld (produk kering)

Ini dia penampakan utuh dari Mesin Double Cone Mixer

                     
  
Cara kerja Mesin Double Cone Mixer ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber akan diaduk dengan blade / mixer. Blade berputar berlawanan awarah dengan chamber sehingga pencampuran bahan-bahan yang diaduk akan bertabrakan dan hasilnya menjadi homogen.

Kecepatan putaran chamber dapat di atur rpm-nya sesuai kebutuhan dan jenis bahan yang di mixsing yaitu dengan adanya variable speed control atau sering disebut dengan Inverter yang di pasang pada control panel.

Mesin double cone mixer ini dilengkapi dengan safety pagar auto sensor/ limit switch untuk keamanan operator saat mengoperasikan mesin. Dimana saat kondisi pagar tidak terkunci rapat maka mesin secara otomatis tidak dapat dioperasikan

Mesin ini juga didesign sesuai kebutuhan GMP, dimana semua material yang contact product menggunakan bahan SS316L dan bagi non cobtact prosuct menggunakan baha SS304

Nah kurang lebih seperti itu penjelasan dan fungsi dari mesin Doule Cone Mixe, sekarang kita kenalkan pembuatan mesin ini mulai dari rangka sampai covernya diantaranya :

1. Rangka Body menggunakan CNP dengan bahan Mild steel



2. Pemasangan / Posisi Motor dan gearbox untuk penggerak blade 
- Electro Motor Merk Electrim 5HP untuk menggerakan Chamber
- Gearbox Siz 120 Ratio 1 : 60



3. Man Hole dari bahan SS316 diametr 500 


4. Safety Pagar Auto Sensor
menggunakan bahan pipa SS304 Mirror Diamer 25" dan 1.5" Pipa Orion






5. Blade Mixer
menggunakan bahan SS316 L memiliki 6 kisi kisi blade denga type Sirip Plat #3mm masing masin posisi 2 Sircular.







6. Cone Chamber 
menggunakan bahan SS316L dengan # 4 - 8mm. untuk bagian samping didesign rumah bearing dengan posisi double bearing .untuk penyanga poros atau shaft terhadapt blade dan poros terhadap chamber.


7. Finishing Cover Bodi dengan menggunakan plat SS304 #1.5mm



Oke sob untuk sementara saya cukupkan sekian yag nanti saya akan sambungf kembali , ada control panel yang harus saya jabarkan supaya mesin ini bisa jalan.. Salam hangat.