Rabu, 11 Oktober 2017

CARA PENGOPERASIAN MESIN SQUARE CONE MIXER

Sebelumnya saya sudah membahas tentang spesifikasi yang digunakan untuk menciptakan mesin square cone mixer, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara pengoperasian mesinnya. Agar tidak lupa tentang pengertian square cone mixer ini saya akan ulas kembali fungsi dari mesin square cone yang dimaksud.


Square cone mixer berfungsi sebagai mesin untuk mencampur 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah-rempah. dan obat-obatan yang berbentuk serbuk/tepung (powerder) atau granul (produk kering). Cara kerja mesin square cone ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber akan diaduk dengan cara memutarkan chamber dengan kecepatan putaran tertentu atau sesuai yang diinginkan, sehingga proses pencampuran bahan-bahan yang tercampur akan homogen.

Mesin square cone mixer ini didesign sesuai kebutuhan GMP dimana material yang kontak langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak kontak langsung dengan produk menggunakan bagan SS304.


Panel control mesin square cone mixer

Cara pengoperasian  mesin square cone mixer

kita lagnsung saja ke cara pengoperasian dengan terlebih dahulu haru mengenal dan mengetahui fungsi tombol yang ada pada panel control. berikut panel control square cone mixer. 


  1. Main Power : Sambungkan terlebih dahulu kabel main power ke sumber listrik 380V, 3phase 50Hz
  2. MCB : naikan MCB 3 phase dan MCB 1 phase keposisi "ON"
  3. Switch Power  : putar switch power ke posisi ON maka indicator lamp power akan menyala "red" dan mesin siap untuk dioeprasikan.
  4. Switch Start ON : putar switch star keposisi ON maka indicator lamp motor run akan menyala "green" dan chamber akan mulai berputar.
  5. Switch Start OFF : putar switch star keposisi ON maka indicator lamp motor run akan mati dan chamber akan berhenti berputar.
  6. Switch Timer : putar switch timer ke posisi ON maka timer akan aktif, kemudian setting timer sesuai dengan waktu yang dibutuhkan dan motor chamber akan mati secara otomatis jika waktu yang disetting telah tercapai atau sudah mencapai batas.
  7. Switch VR : putar switch VR pada inverter searah jarum jam (CW) maka putaran motor akan semakin cepat, dan sebaliknya putar switch VR pada inverter berlawanan ararh jarum jam (CCW) maka kecepatan putaran motor akan menurun. 
Jika anda ingin mengetahui diagram kelistrikan  mesin square cone mixer silahkan download link dibawah ini.
DOWNLOAD DIAGRAM LISTRIK


           
Oke gan cara pengoperasian mesin square cone saya cukupkan sekian jiaka ada pertannyaan atau hal lain yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar saja pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi dan pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.