Senin, 27 November 2017

SISTEM "HMI" PADA CONTROL PANEL MESIN

Apa itu HMI ?
HMI merupakan singkatan dari Human Machine Interface, sebetulnya sistem ini cara kerjanya hampir sama denan sistem SCADA yaitu berfungsi untuk mengontrol dan memberikan data atau perintah pada sebuah alat atau mesin yang ada dilapangan.

Perbedaan antara HMI dan SCADA adalah :
  1. Jika SCADA diletakan di control room yang jaraknya bisa jauh dari lapangan, sedangkan HMI pada umumnya diletakan langsung didekat mesin pada kontrol panel (panel room)
  2. SCADA menggunakan keyboard dan mouse untuk pengoperasiannya seperti layaknya menggunakan komputer, sedangkan HMI menggunakan touch screen.
System HMI layaknya tablet atau layar sentuh yang bisa dioperasikan dengan sentuhan tangan melalui LCD touch screen. Pembuatan system HMI terlebih dahulu diperogram menggunakan komputer dengan bantuan sebuah software bawaan dari alat listrik yang digunakan. Kemudan jika program di komputer sudah selsai dibuat lalu di input  ke LCD touch sreen. Banyak software yang digunakan sesuai dengan alat listrik dari merk yang akan dipakai atau bwaan alat listrik, bahkan jika produk yang hampir sama programnyapun bisa digunakan meski berbeda merk.

Gambar dibawah adalah contoh system HMI pada mesin super mixer yang sudah dibuat oleh BRT. Panel ini digunakan untuk mengoperasikan mesin super mixer dengan kapasitas 5 kg untuk proses mixing produk farmasi.


HMI system
Pada proses pemerograman hasil akhirnya akan tampil kurang lebih sperti  gambar dibawah ini.


Window 1

Window 2
Dibawah ini contoh dengan menggunakan sistem SCADA

SCADA system
(sumber : www.linkedin.com)
SCADA berfungsi untuk mengontrol dan memberikan data atau perintah pada sebuah mesin yang ada dilapangan, SCADA diletakan di control room yang jaraknya bisa jauh dari lapangan atau deri  mesin yang dioperasikan.

Ok gan dicukupkan sekian pembahasan tentang HMI sistem Touch Screen Display. Jika kurang paham atau ada yang ingin ditanyakan silahkan saja berkomentar pada kolom komentar yang sudah di sediakan. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.