Jumat, 24 November 2017

MESIN TABUR BUMBU KRACKERS VERTIKAL

Mesin tabur bumbu krakers nama lainya yang sering oarng pabrik bilang yaitu mesin tabur atau mesin saur, atau mesin penabur. Apa pun itu istilahnya adalah tujuan intinya mesin penabur bumbu. Mesin tabur bumbu krakers adalah mesin yang berfungsi untuk menaburkan bumbu pada produk yang berbentuk kracker seperti kracker roma produk dari roma, kracker hotsa produk dari OT (orang tua) kracker khongguan produk dari khongguan, kracker rechees produk dari nabati dan sejenisnya lainya. Alat ini memang sangat simpel dalam proses mekanisme kerjanya. 
Cara kerja dari mesin ini adalah bumbu tabur yang sudah disiapkan dimasukan pada hopper yang terdapat pada bagian bodi mesin yang didalamnya terdapat roll sikat dan roll kartel yang berperan sebagai penabur bumbu dengan cara berputar keduanya berlawanan arah. Roll sikat akan menarik dan melemparkan sebuk bumbu tabur halus ke luar hopper bagian bawah yang nantinya akan menempel pada kracket yang berjalan pada konveyor. Mesin ini diletakan diatas conveyor yang dilewati krackers.

Mesin ini juga dilengkapi dengan inverter atau sring orang teknik bilang varibale speed. Varibel speed berfungsi untuk mengatus kecepatan putaran motor sehingga putaran pada roll dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi dari masi penabur bumbu krackers diantaranya adalah :
  • Motor Penggerak Utama : Menggunakan type gear motor dengan power 2HP 380V 50Hz dengan ratio 1 : 20.

  • Ranka body menggunakan UNP 50 mild steel kemudian di funising cat sprai berwarna cream (karena permintaan dari customer maka kami sesuaikan warnanya sesuai permintaan)
  • Hopper menggunakan plat tekuk bahan SS304 dengan ketebalan 1.5mm - 2mm

  • Pilow blok menggunakan merk SKF type UCFL dengan diamter 25mm. Sparepart ini banyak ditemukan dipasaran teknik karena sudah menjadi barang standar umum. Jika anda berminat membuat mesin ini gunakanlah selalau spare part yang berkualitas.
  • Roll kartel menggunakan pipa tebal dengan bahan SS304 kemudian pipa tersebut dibentuk pada permukaannya dengan menggunakan kartel silang atau kartel ketupat. dibentuk sedemikian rupa sesuai gambar teknik dari orang design engineeringnya.

  • Roll Sikat terbuat dari sikat nylon food grade khusus untuk makanan yang diperbolehkan sesuai standar GMP. Bulu sikat yang digunakan memiliki diamter kurang lebih 0,3 s/d 0,8 mm dan ini biasanya disesuikan dengan karakter bumbu tabur. Jika bumbu tabur lebih lembut maka bulu sikat yang dipakai menggunakan 0,3 s/d 0,5 mm. Jika bumbu tabur lebih kasar seperti pasir maka bulu sikat yang digunakan berdiamter 0,5 mm s/d 0,8 mm

  • Box panel mengunakan plat tekuk yang berbaha mild steel kemudian fisnishing cat spray. seperti tampak pada foto dibawah ini

  • Kontrol panel atau alat listrik yang digunakan akan dijelaskan sebagai berikut.
Alat Listrik untuk kontrol panel :
  1. 1bh Inverter 2 HP 220/380 V 50 Hz merk Thosiba 
  2. 1bh MCB 3 Phase 32 amper merk mitsubishi
  3. 1bh MCB 1 Phase 4 amper merl hager
  4. 1bh Kontaktor model ST21 merk mitsubishi
  5. 1bh Overload model 4 amper merk mitsubishi
  6. 1bh Lampu indicator warna merah 22mm merk Otto
  7. 2bh Selector Switch diamter 22mm merk auspicious
  8. 1bh Potensio meter
Untuk bagian roll sikatnya saya tidak bisa berikan fotonya dikarenakan saat proses dokuntasi foto saya tidak sempat untuk mengambil gambarnya dikarenakan saya sedang berada di luar kota. 

Oke gan saya cukupkan sekian artikel pembahasan tentang mesin penabur bumbu krackers. Jika ada yang ingin ditanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan mesin silahkan hubungi kontak kami atau melalui alamat emal yang tertera pada teks slide di side bar sebelah kiri. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.