Jumat, 30 Maret 2018

MIXING TANK LINE SYRUP

Dalam dunia farmasi banyak sekali teknologi yang semakin dikembangkan khusunya untuk divisi produksi farmasi dalam menciptakan dan peneilitian produk untuk. Proses produksi sangat menentuakan terhadap hasil produksi. Untuk menciptakan sebuah line baru ataupun penambahan kapasitas pada proses prosuksi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menganalisi dan menghtung kebutuhannya baik itu tempat/area/lokasi, budgeting, waktu, dan lain lain. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang line produksi yang terdiri dari tanki mixing, tanki holding, tanki storage, tanki pressure, tanki premix dan pompa transfer.



proses pengerjaan proyek ini membuthkan waktu 3bulan belum termasuk trial and erornya, namun untuk meminimalisir hal yang tidak di inginkan kita perlu konsentrasi dan fokus dalam proses pengerjaan ini. Untuk itu semua pekerjaan yang bersifat line proses memerlukan ketelitian dan harus banyak berkonsultasi pada pemakai khususnya. Jika akan diinstral pada bangnan lama atau pemnafaatan ruang kosong kita juga harus tahu terlebih dahulu jalur-jalur yang akan dilaewati seperti jalur listrik, jalur pipa, jalur angin, jalur air panas, jalur chiller dll. Maka survey pada lokasi lebih baik dari pada hanya membayangkan saja. Biasanya pihak customer memiliki gambar layout, nah itu lebih baik jadi kita tidak perlu mengukur ulang ruangan.

Spesifikasi line sirup 

Seakrang kita lengsung saja menuju spesifikasi dalam pembuatan line syrup yang memiliki banyak tahapan dari proses satu ke proses liannya, silahkan untuk disimak :
  1. Tanki Mixing ultra turax : unit ini menjadi peran penting dalam proses mixing produk berupa cairan atau liquid yang akan di gunakan sebagai pencampuran cairan agar menjadi hommogen. untuk detil proses pembuatan tanki mixing ultra turax bisa anda baca pada link ini "tanki mixing ultra turax double jaket kapasitas 1000 liter"
    Motor yang digunakan untuk tanki mixing ultra turax menggunakan power 
    5.5kW/7.5kw dengan merk elektrim.
  2. Tanki Holding : berfungsi sebagai penampungan pertama setelah tanki mixing, Tanki holding juga memiliki balde mixer berupa propeller untuk mengocek atau memixing kembali cairan agar tidak mengendap saat proses penyimpanan dalam waktu sementara. Tangki ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan yang tidak berinteraksi dengan produk menggnakan bahan SS304.Bahan yang dugunakan untuk membuat holding tank ini menggunakan : (1)Untuk Sheel palt SS316L dengan tebal 3mm,(2) Top plat dan bottom plat SS316L,(3) kaki menggunakan SS304 diamter 4inch. Tanki Holding dilengkapi dengan level indicator yang terbuat dari glass tamper befungsi untuk mengetahu kondisi cairan atau liquid yang berada didalam holding tank seperti tampak pada foto dibawah.

    Spesifikasi Aksesoris tanki holding sebagai berikut :
    - 1 unit gear motor 0,75kW/1HP ratio 1 : 100
    - 1 unit man hole Dimater 100 mm
    - 1 unit lampu sorot merk philips 25 watt/220V
    - Inlet Spray Ball Connection Ferrule 1,5 inch
    - Inlet Nitrogen Connection  Ferrule 1,5 inch
    - Level Control Glas Tamper
    - Bottom Valve diamter 1,5 inch
    - 1 unit motor pompa 0,9kW 380V merk Lowara
    gear motor tanki holding
    Spesifikasi alat listrik untuk panel control tanki holding sebagai berikut :
    - NFB 3Phase 83 Amper Merk Mitsubishi
    - MCB 1 Phase 4 amper model MY104E C4 merk hager
    - Kontaktor Model ST-21 merk Mitsubishi
    - Riley Model MY4N 220VAC merk Omron
    - Inverter 2,2kW/3HP Model VF-S15 3Phase 380/500V 50/60Hz (untuk tanki Holding)
    - Inverter 7,5kW Model VF-S15 3Phase 380/500V 50/60Hz (untuk tanki Mixing)
    - Exhasu Fan 220V
    - Terminal Blok 20 Amper & 60 Amper
    - Indicator Lamp warna merah ,kuning hijau diamter 22
    - Temperatur control Model TZN4S merk autonics
    - Timer Model H3CR merk Omron
    - Pulse Meter model MP5Y Merk Autonics
    - Selector Switch 125Volt 6 Amper mek Autonics
    - Push button dimeter 22 warna merah, hijau
    - Emergency Stop Merk Autonics
  3. Tanki Storage : berfungsi sebagai tangki penampungan sementaradilengkapi dengan dua buah sight glass untuk mengontrol level cairan atau liquid yang berada didalam tanki tersebut. Tangki ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan yang tidak berinteraksi dengan produk menggnakan bahan SS304. Cairan atau liquid yang sudah di trnasfer ke bufer tank ini akan dimixing kembali agar tetap homogen dan selanjutnya akan di transfer menuju tanki pre mix
  4. Pressure Tank / filter bag : berfungsi untuk menyaring atau mem filter cairan atau liquid hasil mixing dari tanki mixing yang akan di transfer ke tanki holding, maka cairan tersbut di filter terlebih dahulu pada tanki filterbag. Didalam filter bag terdapat kain filter bag yang berbaha polyester dengan kerapatan sesuai kebutuhna (untuk saat ini kita memakai kerapatan filter 20 mikron). kemudian filtre bag tersebut berada pada dudukan perforated plat berbahan SS316L dan dilengkai dengan sela peda bagian leher dudukan filterbag. Pada pressure tank /filter bag ini memiliki presseure gauge untuk melihat tekanan yang terjadi didalam filter bag.

  5. Tanki pre mix : berfungsi sebagai tangki mixing dengan blade ultra turax dengan kapasitas tank premix ini untk 500 liter. tanki ini berbahan SS316L untuk yang kontak produk dan memakai SS304 untuk yang tidak kontak produk. mtotor mixer yang digunaka memiliki power 3kW 2800 rpm 380V/50Hz merk MitsubishiUntuk meneruskan daya putar menuju shaft mixer dilengkapi dengan menggunakan falnge coupling dengan size 6 inch. Tanki ini didesign double jacket dengan dilengkapi dua buang input pemanas (untuk cairan steam)dan pendingin (untuk cairan chiller).
  6. Motor pompa transfer : Menggunakan merk lowara dengan power 0.75kW/1HP 220/380V 50Hz. pompa ini berbahan SS316L dengan bentuk impeler oven type yang berbaha SS316L.



  7. Plat Form : Menggunakan baha SS304, penjelasannya sebagai berikut :
    - Rangaka memakai hollow 100 x 50 mm
    - Ambalan atau pijakannya menggunakan plat bordes SS304 tebal 3mm.
    - Hand rail menggunakan pipa SS304 dengan diamter 1.5 inch.
    - Kaki menggunakan pipa SS304 diameter 4 inch.





Untuk pembahasan tanki linsyrup saya cukupkan sekian dulu, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang telah disediakan. untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami yang ada di teks slide. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

DOWNLOAD GAMBAR TEKNIK TANKI MIXING