Jumat, 02 Februari 2018

ALAT REAKTOR UNTUK PROSES REAKSI KIMIA

Amoksisilin adalah salah satu senyawa antibiotik golongan beta-laktam dan memiliki nama kimia alfa-amino-hidroksilbenzil-penisilin. Obat ini awalnya dikembangkan memiliki keuntungan lebih dibandingkan ampisilin yaitu dapat diabsorpsi lebih baik di traktus gastrointestinal. Obat ini tersedia dalam bentuk amoksisilin trihidrat untuk administrasi oral dan amoksisilin sodium untuk penggunaan parenteral. Amoksisilin telah menggantikan ampisilin sebagai antibiotik yang sering digunakan di berbagai tempat (Grayson, 2010). Secara kimiawi, amoksisilin adalah asam (2S,5R,6R)-6-[[(2R)-2-Amino-2-(4-hidroksifenil) asetil] amino]- 3,3 - dimetil- 7- okso - 4- tia - 1 - aza - bisiklo [3.2.0]heptan-2- karboksilat (Kaur et al., 2011).


Struktur Kimia Amoksisilin (Kaur et al., 2011)
Antibiotik merupakan golongan obat anti infeksi  yang paling banyak dibutuhkan masyarakat di Indonesia, terutama antibiotik amoksisilin. Namun, hampir keseluruhan bahan baku amoksisilin ini diperoleh dengan cara impor. Alhasil, Indonesia harus membeli dari luar dengan harga yang cenderung fluktuatif. Hal inilah yang menyebabkan Dr.rer.nat. Rahmana Emran Kartasasmita, M.Si.,Apt., dosen Kelompok Keahlian (KK) Farmakokimia Sekolah Farmasi ITB, tergugah untuk mengembangkan produksi amoksisilin secara mandiri di Indonesia. Penelitian bertajuk Program Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional ini mengusung judul "Produksi Dane Salt (Garam Natrium D-(-)-2-(4-hidroksifenil)-N-[1-metil-2-(4-nitrofenil-karbamoil)vinil]glisin) Sebagai Upaya Mendukung Kemandirian Produksi Antibiotikum Amoksisilin di Indonesia." Dalam penelitiannya, Emran mencoba untuk mengembangkan teknologi produksi dane salt dengan metode sintesis secara organik. Dane salt yang telah diproduksi akan direaksikan dengan 6-APA (6-aminopenicillanic acid) untuk menghasilkan amoksisilin (BANDUNG, itb.ac.id) 

Kami sebagai salah satu workshop yang bergelut di bidang manufaktur khusunya dibidang pembuatan mesin dan peralatan farmasi, kami tertarik dengan apa yang sudah disampaikan oleh dosen (KK) Farmakokimia Sekolah Farmasi ITB tersebut. Terkait dengan bahan baku amoksisilin yang selama ini diperoleh dengan cara impor, maka cukup mengesankan bagi kami untuk mencoba berexperimen dalam menciptakan sebuah alat extraksi skala pilot dan jika memang berhasil maka kemungkinan besar bisa naik ketahap selanjutnya yaitu dengan menciptakan alat skala produksi. Dalam rangka mendukung apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan bangsa ini kami siap untuk membantu dan memajukan indonesia.




Ekstraksi adalah jenis pemisahan satu atau beberapa bahan dari suatu padatan atau cairan. Proses ekstraksi bermula dari penggumpalan ekstrak dengan pelarut kemudian terjadi kontak antara bahan dan pelarut sehingga pada bidang datar antarmuka bahan ekstraksi dan pelarut terjadi pengendapan massa dengan cara difusi. 


Bahan ekstraksi yang telah tercampur dengan pelarut yang telah menembus kapiler-kapiler dalam suatu bahan padat dan melarutkan ekstrak larutan dengan konsentrasi lebih tinggi di bagian dalam bahan ekstraksi dan terjadi difusi yang memacu keseimbangan konsentrasi larutan dengan larutan di luar bahan (Sudjadi, 1988).


Reaktor skala lab
Reaktor adalah suatu alat proses tempat di mana terjadinya suatu reaksi berlangsung, baik itu reaksi kimia atau nuklir dan bukan secara fisika. Dengan terjadinya reaksi inilah suatu bahan berubah ke bentuk bahan lainnya, perubahannya ada yang terjadi secara spontan alias terjadi dengan sendirinya atau bisa juga butuh bantuan energi seperti panas (contoh energi yang paling umum). Perubahan yang dimaksud adalah perubahan kimia, jadi terjadi perubahan bahan bukan fase misalnya dari air menjadi uap yang merupakan reaksi fisika (id.wikipedia.org/wiki/Reaktor).