Minggu, 07 Januari 2018

MESIN PENGHANCUR KEJU SISTIM SCREW GRINDING 1000 KG/JAM

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah mesin yang digunakan di industri pengolahan keju salah satunya yaitu mesin grinding keju atau sering orang bilang mesin penghancur keju apapun itu namanya yang terpenting fungsinya sama.

Fungsi Mesin Screw Grinding Keju
Mesin Screw Grinding Keju adalah sebuah alat atau mesin yang dirancang kshusus untuk mengecilkan ukuran keju dari bentuk balok menkadi bentuk/ukuran kecil dengan keluaran bentuk pasta. Dari kekuatan dorong menggunakan shaft screw maka keju akan terpress keluar melalui lubang perforated diamter 10 dalam jumlah yang banyak.
Cara Kerja Screw Grinding Keju
Cara kerja mesin ini adalah keju yang berbentuk balok dengan ukuran kurang lebih 500x300x300cm dimasukan pada hopper mesin kemudian balokan keju tersebut akan terdorong/diseret oleh screw menuju balde pemotong dan terakhir melawati plat berlubang dan keluar sesuai ukuran penampang lubang tersebut. berikut fotonya



Screw grinding keju ini memiliki kapasitas lumayan besar sekitar 1000 kg/jam. Material yang digunakan untuk kontruksi mesin ini sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk  menggunakan bahan SS316L sedangkan untuk material yang tidak kontak dengan prosuk menggunakan bahan SS304.

Alat bantu screw grinding : 
Alat bantu pada Mesin Screw Grinding, gunanya untuk memudahkan para operator dalam cleaning atau proses pembersihan saat mesin tidak digunakan. Yang menjadi latar belakang saya membuat artikel dengan judul "Alat bantu Screw Grinding Keju" yaitu, para operator sering mengeluh saat proses cleaning karena dengan kapasitas mesin yang besar pastinya mesin yang dicleaning pun besar sehingga kesulitan dalam mengeluarkan screwnya dikarenakan beban yang begitu berat terbuat dari Stainless Steel dengan berat kurang lebih 250 kg. Ditambah lagi posisi screw yang berada didalam housing grinding yang harus ditarik terlebih dahulu. berikut foto alat bantunya.