Jumat, 08 Desember 2017

MESIN PLANETARY MIXER KAPASITAS 500 LITER

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pembuatan planetari mixer yang digunakan untuk porses mxing liquid. Pemesan dari mesin ini adalah salah satu perusahaan makan yang berada di wilayah serpong - tangerang. Mesin planetari mixer yang akan dibuat prosesnya berada diatas atau posisi tanki berada di atas lantai. Seprti tampak pada foto dibawah ini.

Mesin planetry mixer adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memixing liquid atau cairan dari 2 bahan material atau lebih agar menjadi homogen. Cara kerja mesin ini adalah tanki yang sudah di isi dengan bahan liquid di posisikan tepat diatas mixer, kemudia kedua sisi tanki dikunci pada rell yang beradad di kedua sisinya. Tanki akan naik secara otomatis jika tombol up ditekan dan berhenti setelah tanki berada tepat dibawah tutup.

Mesin planetary mixer ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang kontak langsung  dengan produk menggunakan bahan SS316L, sedangkan untuk material yang tidak kontak langsung dengan material menggunaka bahan SS304. Kelengkapan dari tanki ini akan dibahas setelah ini.

Berikut spesifikasi dari pembuatan mesin planetary mixer :
  1. Kontruksi body : dalam pembuatan kontruksi body menggunakan siku 70 mm dengan material mild steel, kemudian dibentuk rangak seperti tampak foto dibawah ini yang sudah mencapai 10% pembentukan rangkanya.

  2. Cover body : jika ranka body sudah terpasang dengan sempurna langkah selanjutnya sambil menunggu kelengkapan komponen misalnya komponen atau spare part yang sedang di bubut atau proses machining lainnya, maka terlebih dahulu dicover dengan menggunakan plat SS304 dengan ketebalan 1.5 mm. Plat cover body dibentuk dimesin tekuk sesuai ukuran ranka baru dipasangkan pada rangka body.

     
  3. Screw lifting : Untu menaik turunkan tanki maka mesin in dilengkapi dengan as screw sebagai mekanisnya. As screw ini terbuat dari baca harden yang didalamnya terdapat ball bearing agar proses putaran screwnya lebih ringan saat menaikan tanki yang berisi liquid tersebut.



  4. Shaft tranmisi Screw lifitng : Berfungsi untuk mentransfer potaran dari motor penggreak untuk menggerakan kedua as screw untuk naik turun tadi dengan menggunakan shaft transmisi yang dilengkapi dengan gear bevel. Memiliki dua set gear bavel yang dipasang pada bagain kiri dan kanan as screw dengan ukuran yang sama agar bisa naik dan turun secara bersamaan.



  5. Pengunci dudukan tanki : berfungsi sebgai dudukan tanki yang dipatenkan bada screw lifting. Ketika tangki akan dinaikan untuk proses mixing, terlebih dahulu tanki harus benar-benar terkunci pada bagian ini.

      
  6. Motor penggerak mixer : Memiliki power 7.5 kW 380V 50Hz merk Fukuta Motor. (maaf saat pengmbilan foto motornya sudah tercover dengan plat)
  7. Gear boxer : Menggunakan model ESS dengan ratio 1 : 60 size 120 merk Chenta Reducer Gear. Gear box dengan merk ini memang sangat banyak dipakai dikalangan mesin-mesin pelengkap yang diciptakan di indoneisa. Cukup diakui Chenta ini memiliki kualitas bagus. Model bentuknya kurang lebih seperti tampak foto dibawh ini.

  8. Rumah bearing : Terletak pada bagian tutup tanki yang berada diatas body. Material rumah bering terbuat dari SS304. seperti tampak pada foto dibawah ini.

     

  9. Tutup tanki : Menggunakan bahan SS316L dengan ketebalan 4mm. pada tutup ini terdapat rumah beari di bagian atas tutup.
     

  10. Kontrol panel.

Itulah spesifikasi singkat tentang mesin Planetary mixer kapasitas 500 liter, Karena prosesnya masih dalam tahap produksi maka saya posting terlebih dahulu dan nanti jiak saya sempat akan menambahkan postingan ini sampai selsai. Sekian penjelasannya untuk mesin Planetary Mixer, Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemasanan mesin silahkan hubungi kontak kami. Semogaartikel ini bermanfaat salam sehat.