Minggu, 17 September 2017

CHEESE CUT / ALAT PEMOTONG KEJU

Dunia mesin memang sangat luas sekali ya sob, namun untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang alat yang akan digunakan di pabrik keju ternama yang saat ini sedang booming atau sedang naik daun (bukan hileud/ulat). alat ini sering dinamakan cheese cut atau orang indonesia seign menyebutnya mesin pemotong keju.

Cheese Cut adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong keju dari bentuk kotak yang tidak beraturan ataupun beraturan dari ukuran besar dibagi menjadi bentuk ukuran kotak kecil atau persegi panjang. Cara kerja alat ini adalah keju yang sudah di letakan didepan plat pendorong maka stelah penumatik aktif keju tersebut akan terdorong dengan kuat menuju kawat pemotong samapi keju terpotong beberapa potongan sesuai jumlah kawat cutter yang di inginkan.

Spesifikasi Cheese cut

Spesifikasi yang di pakai dalam pembuatan Cheese cut ini adalah sebagai berikut :
  1. Pneumatic : adalah komponen / standart part yang menjadi komponen utama dalam alat cheese cut ini, berfungsi sebagai power untuk mendorong keju yang akan dipotong. Biasanya alat ini terdapat 1 samapi dengan 3 buah penumatik yang di pakai untuk mendorong tetapi tergantung kapasitas dan ukuran keju yang akan di bagi atau di potong.

  2. Kontruksi meja : menggunakan bahan SS304 tebal 1.5mm + penguat. coba anda lihat pada ujung tekukan meja, dibuat seperti itu agar mudah untuk peorses pencucian agar saat di cuci airnya tidak akan jatuh kemana mana melainkan masuk ke saluran tersebut makanya dibuat seperti got.
  3. Kaki + Adjuster: menggunakan pipa SS304 diamter 2 inch

  4. Joint flange : berfungsi sebagai penghubung antara plat pendorong dengan as pneumatic. menggunakan bahan SS304 agar tidak mudah berkarat.

  5. Plat pendorong : berfungsi untuk mendorong keju, bentuknya dibuat berlekuk lekuk agar kawat cutter masuk pada selah pendorong agar potong keju terpotong sempurna, seperti foto di bawah ini.

  6. Kawat cutter : berungsi sebagai pemotong atau pembagi keju menjadi beberapa potongan. bahan kawat cutter ini dari stainless steel 316L dengan ukuran diameter 3mm.


  7. Perlengkapan untuk pneumatik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu : Regulator, solenoid valve, speed control pneumatic, selang pneumatic try way valve control untuk penumatik.
  8. Jika semua sudah selesai maka difinishing dan dirakit, jangan lupa untuk meng cover bagian penumatiknya agar leih rapih dan juga sebagai safety.

  9. ALat pemotong keju ini siap untuk dikirim ke tempat yang pemesannya yang berada di daerah gede bage bandung.
Sampai sini dulu ya sob untuk pengenalan mesin mesin Cheese cut atau pemotong keju yang tadi dibahas, jika ada pertanyaan atau hal lain yang akan di tanyakan silahkan untuk berkomentar atau hubungi kami untuk konsultasi atau pemesanan barang  tersebut. Semoga artiel ini bermanfaat, salam sehat.