Jumat, 07 Juli 2017

CONE MIXER MOBILE

Di dalam pembuatan sbuah produk tentunya pasti ada skala uji coba atau sering kita sebut Skala Lab, nah kali ini khusus untuk pengguna mesin farmasi pasti kita membutuhkan mesin untuk Skala Lab yang tentunya kapasiatas dan ukurannya harus memnuhi standar kebutuhan Skala Lab. Sperti yang sudah dijelaskan di artikel Kumpulan Mesin Farmasi ada mesin dengan nama Double Cone Mixer yang digunakan untuk kebutuhan skala produksi. Sekarang saya akan kenalkan Mesin Cone Mixer Mobile yang digunakan untuk Skala Lab.




Cone Mixer Mobile Skala Lab memiliki fungsi hampir sama dengan Mesin Double Cone Mixe yaitu mengaduk 2 - 3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah rempah dan obat-obatan yang berbentuk sebuk/tepung powder atau granuld kering namun yang membedakan hanyalah kapasitas yang digunakan untuk Skala Leb, dengan kapasitas kurang leih 1-3 kg. 

Mesin ini memiliki roda yang berfungsi untuk mobile dari ruangan satu ke ruang lainnya. Material yang digunakan untuk membuat mesin ini tentunya sesua starndart GMP dimana material yang contak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan material yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahas SS304. 

Contohnya yang yang harus meggnunakan SS316L karena kontak produk adalah bagian chambernya yang berbentuk tabung dengan bagian atas dan bawahnya bebentuk cone seperi ini. 


Mesin ini juga dilengkapi dengan control panel untuk menjalankan mesin ini dalam satu control (lihat foto dibawah). dicontrol panel terdapat :
  • Switch Power berfungsi untuk menghidupkan mesin maka jika lampu indicator telah menyala mesin tersebut siap untuk dioperasikan
  • Tombol Start berufngsi untuk menjalankan/mengidupkan motor penggerak dari mesin Cone Mixer, jika tombol tersebut di tekan maka lampu indicator akan menyala dan motor akan mulai berputar
  • Switch V.R berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran motor, jika Switch V.R diputar searah jarum jam (CW) maka kecepatan putaran motor akan bertambah dan sebaliknya jika V.R duputar berlawanan arah jarum jam (CCW)maka kecepatan putaran motor akan berkurang
  • Timer berfungsi untuk mengotomatiskan waktu yang akan dipakai. jika timer di seting maka mesin akan mati dengan sendirinya jika waktu yang disetting telah sesuai kebutuhan.
  • Emergency Stop berfungsi untuk situasi darurat, jika dalam keadaan situasi darurat langsung tekan tombol Emergency stop, maka smua alira listrik dalam mesin ini akan terputus dan mesin akan langsung mati. 


Untuk pengenalan mesin Cone Mixer Mobil dicukupkan sekian, jika kurang paham atau ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar saja pada kotak komentar yang sudah disediakan siapa tahu nanti saya bisa bantu atau kita shearing, semoga bermanfaat.